No comments yet

RENUNGAN HARIAN SENIN 09 JULI 2018

“Ketika kita telah bertobat dan mati dalam hidup lama kita, marilah kita menyerahkan diri sepenuhnya untuk hidup dengan pimpinan Roh Kudus.”

Ketika dahulu zaman perbudakan masih ada, maka kita akan dengan mudah menjumpai perdagangan budak manusia. Mereka diperdagangkan oleh majikan masing-masing dengan tujuan bebas, setelah seorang budak dibeli oleh majikan, maka majikan itu berhak penuh atas tenaga dan hidup budak yang telah dibelinya. Budak itu baru bebas setelah dia dapat membayar seharga majikan itu telah membelinya.

Di zaman yang modern ini mungkin kita telah berpikir perbudakan itu sudah tidak ada lagi. Memang bukan perbudakan seperti masa lampau, tapi saat ini kita diperhadapkan terhadap jenis-jenis perbudakan yang baru. Banyak orang menyerahkan hidupnya untuk mengejar hal yang fana, berjuang mati-matian hanya untuk mendapatkan sesuatu yang hilang dengan mudah.

“Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat” ( Roma 7:6 ).

Bacaan hari ini mengingatkan kita, ketika kita sudah percaya kepada Kristus maka seluruh dosa kita telah dibayarkan dengan lunas. Ketika dosa kita telah dibayar lunas, maka seharusnya kita meninggalkan seluruh hidup lama kita dan hidup berfokus untuk mengikuti kehendak-Nya dan berbuat seturut rancangan-Nya bagi kita masing-masing. Hidup untuk Kristus berarti kita mau menyerahkan hidup ini hanya untuk dipimpin oleh Roh Kudus saja.

Kekasih Tuhan, ketika kita telah bertobat dan mati dalam hidup lama kita, marilah kita menyerahkan diri sepenuhnya untuk hidup dengan pimpinan Roh Kudus. Mengikut Kristus berarti kita telah dibayarkan dengan lunas atas hidup lama kita, mengikut Kristus berarti kita mau tunduk kepada setiap hal yang telah direncanakan oleh-Nya bagi kita.

Post a comment