SEJARAH BERDIRINYA

 GEREJA BETHANY “Favor Of God” Balikpapan

SEJARAH GEREJA BETHANY “Favor Of God” Balikpapan

Berdirinya Gereja Bethany “Favor Of God” Balikpapan, yang dahulunya dikenal orang dengan nama GBI Bethany Balikpapan bermula dari Kegerakan Tuhan dalam Gelombang Apostolik pembukaan GBI Bethany diseluruh Indonesia pada Tahun 1988 an dimotori oleh GBI Bethany Surabaya yang dipimpin Oleh Pdt.DR.Abraham Alex Tanuseputra, DD dibantu : Pdt.DR.Ir.Niko Njotoraharjo dan Pdt.Dr.Ir, Timotius Arifin Tejasukmana, dengan membuka 1000 Gereja diseluruh Indonesia dan Bangsa bangsa mengenapi Visi dari Pendiri GBI Pdt.DR.HL. Senduk dengan membuka : 10.000 Gereja GBI di seluruh Nusantara dan Bangsa-bangsa mengenapi “Amanat Agung” Tuhan Yesus Kristus (Matius 28:19-20) ; “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Maka pada gelombang Pertama pada Tahun 1988 diutuslah Pdt.DR.Ir.Niko Njotorahardjo, DD ke Jakarta untuk memulai Kegerakan Apostolik di Wilayah Barat yang berpusat di Jakarta, dan Pdt.Dr.Ir.Timotius Arifin Tejasukmana diutus ke Bali untuk memulai kegerakan Apostolik di Wilayah Timur yang berpusat di Denpasar Bali, kemudian Kegerakan Apostolik di Wilayah Tengah yang berpusat di Surabaya. Maka pada gelombang kedua kegerakan Apostolik itu dimulailah dibuka di Kota Balikpapan,Banjarmasin, Ujung Pandang (Makasar), Manado, Ambon, Medan, Palembang, Lampung, dan Kota kota besar lainnya.

 

Pada Tanggal Maret 1992 diutuslah oleh Pdt.Samuel Kusuma,MA oleh Pdt,DR.Abraham Alex Tanuseputra, DD untuk merintis GBI Bethany Balikpapan, pada waktu itu bekerjasama dengan beberapa Pengurus FGBMFI Balikpapan. Maka Lahirlah GBI Bethany Balikpapan pada tgl.24 Agustus 1992, dimulai oleh KKR yang dilayani Pdt.DR.Abraham Alex Tanuseputra, DD dan dilantiklah sebagai Gembala Sidang Pdt.Samuel Kusuma, MA. Dimulai dengan Doa dan Iman bersama para pengurus Jemaat, maka memulai pelayanan yang ada di Kota Balikpapan dengan berbagai macam perjuangan yang luar biasa ibadah baik hari minggu, maupun hari biasa lainnya berpindah pindah dari satu rumah ke rumah lainnya, dari satu Hotel ke hotel lainnya dari satu restaurant ke restorant lainnya dari Gedung pertemuan satu kelainnya. Adanya kerinduan untuk memiliki suatu tempat ibadah yang permanen dan dari tahun 1992-1993 terkendala tentang perizinan pendirian rumah ibadah tersebut baik lokasi status tanah dll. Karena gagal sampai 12 kali rencana mendirikan tempat Ibadah atau Rumah Tuhan tersebut.

Akhirnya genaplah Firman Tuhan (I Korintus 15:58) : “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” Pada perjuangan yang ke 13 kali di Lokasi Tanah Gereja Bethany FOG Balikpapan yang beralamat di Jl.Kol. Syarifuddin Yoes No.7 – Ringroad, Balikpapan inilah pada Agustus 1993 diterbitkan Ijin Prinsip dan IMB Pembangunan Rumah Ibadah  diatas Tanah Hampir 1 Hektar, dan dalam pembebasan Tanah tersebut Gembala, pengurus dan Jemaat berkorban, sehingga Pdt.Samuel Kusuma dan Ibu.Pdt.Fonny Kusuma, Oleh Perintah Tuhan menjual mobil Kijang satu-satunya, Perhiasan pernikahan dijual untuk pembelian Tanah dan pembangunan Gereja tersebut, sehingga semua jemaat ikut menabur dan dimulailah pembanguan Rumah Tuhan yang berkapasitas 1800 orang dengan Balkoninya  dari tahun 1993-1995 selesai dipergunakan sejak 04 Agustus 1995 hingga sekarang, oleh karena : “Favor of GOD” (Perkenanan Tuhan) atas GBI Bethany Balikpapan.

 

 

Dari Visi dan Tuntunan Tuhan, Maka Sejak itu menjadi : Gereja Bethany “Favof Of God” Balikpapan. Maka mengutus dan membuka gereja Cabang Misi : Pdt.Yuli Suprianto untuk di Tarakan, Alm. Pdt.Yulius Imuly Ke Sangata, Pdp. Martinus Eliyas Ke Handil, Senipah, Pdp.Vicky Pakasi ke Penajam,Pdp. Maryudiasyah Ke Tenggarong, Pdt.John Biaf ke ITCI, Pdp.Anton ke Berau, dan Juga Pos PI di Teluk Cina, Sotek, Km 11, Km 28, dan Daerah lainnya sehingga saat ini telah sebanyak 74 Gereja Cabang dan Pos PI yang telah lahir dan bertumbuh terus memenangkan jiwa bagi Kristus.

Bethany FOG Balikpapan  yang berkembang pesat pelayanannya , Maka diberi Visi oleh Tuhan melalui Bapak Gembala Senior Pdt.Dr.Samuel Kusuma, M.Th sejak Tahun 2000 mendirikan : Yayasan Bethany Kalimantan, yang bergerak dibidang : Keagamaan, Sosial, Pendidikan dan Kemasyarakatan. Dengan melembagakannya secara Akte Notaris Adi Gunawan, SH Nomor : 116 Tanggal. 23 Agustus 2003, dibaharui dengan Akta Nomor : 08 Tanggal.04 September 2006, Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : C-2294.HT.01.02.TH.2006, Ditetapkan di Jakarta, pada tanggal.04 Oktober 2006, Surat Keterangan Pendaftaran Yayasan dari Pengadilan Negeri Balikpapan Nomor : W.13.Dd.AT.02.05-0748, tertanggal. Balikpapan 03 Setember 2003, Izin Operasional Yayasan Bethany Kalimantan dari Walikota Balikpapan dengan SK No : 460/0215/Bagsos.2/2004, Tertanggal. Balikpapan, 23 Januari 2004, SK.Pandaftaran dan Penetapan Status Hak Yayasan Bethany Kalimantan dari Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI Nomor : DJ III/Kep/HK.00.5/08/13957/2003, Ditetapkan di Jakarta, Tertanggal.05 September 2003 dan mendapatkan SK Hak Milik  atas Tanah berdasarkan SK Menteri Agararia/Kepala BPN dengan Nomor ;                    tanggal :

 

 

 

Pengakuan Iman Bethany “Favor Of God” Balikpapan

Bethany FOG Balikpapan mengakui, menerima dan menetapkan “Pengakuan Iman Rasuli” sebagai pengakuan iman yang isinya sebagai berikut:

  1. Aku percaya kepada Allah Bapa Yang Maha Kuasa, Khalik langit dan bumi,
  2. Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya Yang Tunggal, Tuhan kita,
  3. Yang dikandung dari Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria,
  4. Yang menderita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut,
  5. Pada hari yang ketiga  bangkit dari antara orang mati,
  6. Naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa Yang Maha Kuasa,
  7. Dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan mati,
  8. Aku percaya kepada Roh Kudus,
  9. Gereja yang Kudus dan Am, persekutuan orang kudus,
  10. Pengampunan dosa,
  11. Kebangkitan tubuh,
  12. Dan hidup kekal.

Melalui  Yayasan Bethany Kalimantan, maka Bethany “Favor Of God” Families melahirkan pelayanan (Ministries) bagi mewujudkan Visi Kristus menjadi “Terang dan Garam Dunia” (Matius 5:13-16) sebagai berikut :

  1. Pada Tahun 1998 lahirlah Sekolah Misi Bethany Indonesia Kalimantan (SMBIK) untuk mendidik, melatih dan memperlengkapi para generasi Muda yang terpanggil menjadi para Misionari diseluruh kalimantan, Indonesia dan Bangsa-bangsa telah meluluskan VII angkatan sejak Tahun 1998-2005, Maka sejak Tahun 2005 SMBIK bertransformasi menjadi STT Bethany Kalimantan dengan mendapatkan Ijin dari Dirjen Bimas Kristen Prodi : S1, S2, S3  Teologi dan Pendidikan Kristen, juga S2 – MA, M>Div dan S3 – D.Min dan D.Div dalam bidang Vokasional. Melatih dan melahirkan Para Pendidik Kristen dan Teolog Alkitabiah yang berdedikasi bagi Bangsa dan Negara Tercinta Indonesia. Dengan pesatnya kemajuan STT Bethany Kalimantan yang terakreditasi BAN PT. Maka sejak Tahun 2012 dengan diterbitkannya Undang-undang No.12 Tahun 2012, Maka STT Bethany Kalimnatan bertransformasi menjadi : INSTITUT KRISTEN BORNEO dengan lahirnya Fakutas Teologi, Fakultas Pendidikan dan Fakultas Vokasional, Maka IKB telah terakreditasi BAN-PT (S1, S2, S3 dan Institusinya) sekarang telah menerima mahasiswa dari seluruh Nusantara, bahkan luar Negeri dan telah meluluskan ribuan sarjana, magister dan doctor diseluruh Nusantara sampai bangsa-bangsa,
  2. Pada Tahun 2001 lahirlah Pelayanan Diakonia berupa : “Panti Jompo dan Asuhan – Sinar Agape” dengan menampung, merawat dan Melayani para Orang tua Jompo yang tidak mempunyai keluarga untuk merawatnya dan para anak yatim piatu yang tidak mampu dipelihara dan disekolahkan hingga menjadi Generasi yang pemenang.
  3. Pada Tahun 2004 lahirlah pelayanan “Radio Suara Sangkakala Borneo” dengan Ijin ISR dari Kominfo dengan Frekuensi : 91.1 FM dengan waktu Siaran 24 Jam, telah mendaptakan PIP dari Menteri Kominfokom RI pada tahun 2011 dan yang menjangkau Balikpapan dan sekitarnya. Yang sangat memberkati banyak pendengar, baik yg dipulihkan, disembuhan dan dilepaskan dari keterikatan, bahkan ada yg mau cerai atau bunuh diri dijamah Tuhan sehingga pulih.
  4. Pada Tahun 2005 lahirlah pelayanan “Bukit Doa Kalimantan” dengan Luas Tanah 5.6 Hektar dikirimkan oleh Tuhan Arsitek dan designer Bukit Doa Kalimantan (Ivan Sarwiadji, ST dan Yudi Yosal, M.Art) yang berlokasi di Jalan Ringroad II (Depan Polda Kaltim). Oleh Kemurahan Tuhan Izin Prinsip, Site Plane dan IMB dari Walikota Balikpapan telah terbit dengan IMB Nomor : 000872/DPKP/BS/SP, Tgl. 13 Juli 2016, sehingga progress pembangunannya sarana prasarananya telah dimulai kembali sejak Th 2018 ini dengan target selesai tahap I pada Tahun 2020 akan datang.
  5. Pada Tahun 2008 lahirlah Sekolah Kristen Pelita Hati (SPH) Balikpapan yang beralamat di Jalan. Mayjend Sutoyo RT.056 No.21-23,Gn Malang- Balikpapan dengan jenjang PG, TK, SD dan SMP dengan siswa sebanyak 550 murid yang berkarakter Kristus dan berprestasi akademik yang unggul se Kota propinsi bahkan juara pada perlombaan sekala internasional yang diikutinya. Pada Tahun Ajaran 2019/2020 Membuka Kelas SPH College (SMA SPH) yang telah dibuka pendaftarannya mulai 1-30 Nopember 2018.
  6. Pada Tahun 2007 tempat ibadah yang sebelumnya di Ballroom Andika Hotel Bahtera Balikpapan, telah tidak menampung lagi bertambahnya jemaat yang beribadah selain yang di Bethany FOG Balikpapan di Jl.Kol.Syarifudddin Yoes no.7, Ringroad, maka setelah dibelinya oleh Yayasan Bethany Kalimantan sebuah Gedung Sekolah yang tidak berlanjut, maka  Gedung berlantai III, yang terletak di Jl.Mayjend Sutoyo RT.056 No.21-23 (Gn.Malang) Balikpapan,diberi nama : GRAHA NARWASTU Balikpapan Maka Lantai I & II digunakan untuk SPH Balikpapan. Maka pada lantai III digunakan untuk Ibadah Raya dari Bethany FOG Balikpapan (IR 1 Pk.09.00 Wita, IR 2 Pk.12.00 Wita dan IR 3 (DMBI) Pk.19.00 Wita) dengan Kapasitas 1250 orang, peribadatan tersebut mendapatkan Ijin Tempat Ibadah dari Lingkungan, RT, Lurah, Camat, Kemenag Balikpapan, FKUB Balikpapan dan Walikota Balikpapan, sehingga sejak Tahun 2008 digunakan tempat ibadah tersebut menjadi berkat bagi ribuan Jemaat Bethany FOG Balikpapan yang beribadah setiap minggunya, juga digunakan setiap Hari Rabu Jam 19.00 Wita  sebagai wadah pengajaran Firman Yang Alkitabiah dengan : Sekolah Orientasi Melayani (SOM) Bethany Balikpapan yang telah meluluskan sampai XV angkatan,
  7. Pada Tahun 2018, tepatnya tgl 03 Februari 2018 diresmikannya oleh Bapak Walikota Balikpapan Bpk.H.Rizal Effendy,SE, Kakanwil Kemenag Prov Kaltim, Kakemenag Kota Balikpapan, Ketua FKUB Kota Balikpapan dan Para Tokoh Agama Lainnya dengan menerbitkan surat Izin Ibadah Bagi Bethany Favor Of God Balikpapan ditempat ibadah yang baru di Living Plaza Balikpapan (LT-III) Jl.MT.Haryono  di Bethany Hall dan Blessing Room. Untuk peribadatan Jemaat Bethany FOG Balikpapan dari tempat lama Graha Narwastu yang telah tidak menampung lagi dan direnovasi. Maka sejak Minggu, 04 Februari 2018 – Bethany Hall, Ruang BJC dan Blessing Room telah digunakan untu jemaat beribadah dengan Kapasitas 1500 orang, dengan jadwal ibadah sbb : IR I (09.00 Wita), BES (10.30 Wita), IR II (Pk.12.00 Wita), DMBI I (Pk,13.00 Wita), BSC (Pk.15.00 Wita), IR III (Pk.17.30 Wita), IR IV (DMBI II) (Pk.19.15 Wita).

 

 

 

 

 

 

 

Pdt.Dr.Samuel Kusuma,M.Th & Pdt.Dr. Fonny Kusuma, M.Pd

PROFIL GEMBALA SENIOR BETHANY “Favor Of God” Balikpapan Pdt.Dr.Samuel Kusuma, M.Th dan Pdt.Dr.Fonny Kusuma, M.Pd Gembala Senior Gereja Bethany ”Favor Of God” Balikpapan yang mengembalakan 6000 Jemaat sejaka Tahun 1992 dengan 11 kali Ibadah pada setiap hari Minggunya, dipercaya Tuhan telah Merintis dan membuka Gereja, Pos PI dan Cabang diseluruh...